Tuduhan Adanya Al-Qaidah di Poso Dinilai Menyesatkan

Februari 12, 2007 at 4:14 am 2 komentar

Tuduhan adanya Al-Qaidah dan Jamaah Islamiyah (JI) di Poso dinilai menyesatkan. Menurut tokoh Deklarator Malino, Andi Basso Rustam Effendy, tuduhan tersebut tidak benar.

“Jika memang masyarakat Poso mulai tekun beribadah dan para wanita mengenakan jilbab, maka lantas dikatakan ada JI dan Al-Qaidah di Poso. Ini aneh, sebagai umat Islam saya menolak tuduhan ada JI dan Al-Qaidah di Poso, ” ujar Andi di Kantor MUI Masjid Istiqlal Jakarta.

Ditegaskannya, isu JI di Indonesia kemungkinan sengaja diwacanakan oleh pihak asing yang ingin masuk ke Indonesia. Hal serupa juga dilakukan AS di Irak, Afganistan, dan lainnya.

“Bisa saja Amerika Serikat (AS) menghembuskan isu tersebut agar bisa masuk ke Indonesia. Kita harus belajar dari Irak yang dituding memiliki senjata rahasia sehingga Amerika menginvasi Irak, namun nyatanya sampai saat ini tuduhan tersebut tidak bisa dibuktikan, ” papar dia.

Oleh karena itu, pihaknya berharap MUI bisa menjadi penengah dalam masalah Poso. Pasalnya, katanya, apa yang menjadi tuntutan umat Islam sampai saat ini belum terpenuhi oleh para pengambil keputusan.

“16 nama yang disebut Tibo terlibat dalam pembantaian umat Islam Poso sampai saat ini belum di proses, ” terangnya.

Ia memintaagar pemerintah beritikad baik dalam menuntaskan masalah ini, sehingga masalah Poso tidak berlarut-larut. “Sudah ribuan masyarakat Poso menjadi korban, apakah akan di “putih” kan begitu saja, ” tegas Andi. (dina)

Entry filed under: Articles. Tags: .

Memimpin dengan Rendah Hati Surga dan Amarah

2 Komentar Add your own

  • 1. eben papasi  |  Maret 5, 2007 pukul 10:16 am

    topik pembahasan tentang poso tidak akan pernah berhenti. apalagi pasca bentrok aparat keamanan dengan masy. sipil. tudingan akan campurtangan pihak asing di poso bukan isu baru. isi ini telah beredar semenjak pecahnya konflik horisontal 1998. kalau kita mau menilai secara terbuka dengan fakta yang telah ada, apakah kita harus menutup mata seakan-akan kita tidak tahu apa yang terjadi disekitar kita. Tudingan keterlibatan jemaah islamiah tidak bisa terbantahkan lagi. jemaah islamiah pada dasarnya adalah untuk menolong sesama muslim yang berada dalam kesusahan, ada solidaritas yang mengika. akan tetapi JI ini menjadi sebuah kata yang menakutkan ketika pengikutnya mulai bertindak anarkis dengan memanfaatkan ayat-ayat yang ditafsirkan bukan pada temaptnya. buktinya kasus mutilasi yang terjadi diposo pada siswi di poso. jaringan peredaran senjata yang tlah dibuktikan berasal dari berbagai pihak baik luar maupun dalam negeri yang diperlihatkan oleh POLRI.
    oleh karena itu, marilah kita kembali dengan menginstrospeksi keadaan kita masing-masing dan dri sana kita jalain tali persudaraan yang haronis tanpa kemunafikan dan tidak saling menyalahak satu dengan yang lainnya. damai poso, jaya Indonesia, bersatulah agama-agama dalam bingkai sintuwu maroso dan pluralisme beragama.

    Balas
  • 2. iman  |  Maret 10, 2007 pukul 1:07 am

    Kepentingan2 di poso harus di waspadai. jangan menghakimi sendiri tanpa adanya tabayun islam mengajarkan nilai-nilai tauhid bukan mengajarkan pluralisme yang kebablasan. masyarakat pun harus dijaga dengan nilai2 tauhid..bukan ajaran yang tidak jelas dengan bungkus kemanusian. jangan buka lembar2 buruk di POSO. Umat islam harus kembali berjalan dalam manhaj Nubuwah karena itu adalah jalannya. Terorisme bukan jalan islam.. tapi jalan islam adalah Jihad…jihad membangun Nilai2 Tauhid. bukan nilai2 yang tidak jelas… karena islam dibangun untuk keselamatan manusia.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Februari 2007
S S R K J S M
« Jan   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728  

Telah Dikunjungi

  • 150,663 Pengunjung
Add to Technorati Favorites

%d blogger menyukai ini: