Gelagat Mendogmakan Fiqh

Januari 28, 2007 at 3:29 am 1 komentar

Saat ini peraturan zakat belum jelas; bagaimana penggalangannya, penyalurannya; apakah dari satu daerah hanya untuk daerah tersebut, ataukah dari satu daerah bisa didistribusikan ke daerah lainnya. Semua Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) berjalan sendiri-sendiri, masing-masing berkiprah dan berinovasi sendiri-sendiri. Di sinilah diperlukan peran dari Pemerintah dan forum ini dan departemen itu. Ungkapan demikian atau yang senada dengan ini sering kita dengar dan kita baca di berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Muara dari berbagai ungkapan di atas adalah upaya yang terstruktur untuk mendogmakan fiqh, mengaqidahkan fiqh, dan mengideologikan fiqh. Maka, berikutnya, siapa yang tidak sama dengan itu, tidak sesuai peraturan pemerintah ini, undang-undang ini dan undang-undang itu, maka berarti tidak mengikuti standar pengelolaan zakat. Terusannya, bisa ditebak, tidak profesional dan tidak layak.

Sekali lagi, kita jangan terjebak kepada budaya mengundangkan pranata zakat ataupun pranata Islam lainnya, selama masih dalam koridor fiqh. Biarkan semua itu dikembalikan kepada rujukan Islam yang mu’tabar atau terpercaya, yaitu kitab-kitab para ulama dahulu dan kini yang tersimpan rapi dalam berbagai perpustakaan Islam. Selama setiap muslim merujuk kepada rujukan ilmiah Islam dari dahulu hingga kini, maka tidak ada alasan sama sekali untuk mendogmakan fiqh kepada sesama kita. Wallahu a’lam.

Iklan

Entry filed under: Akhirat, Articles, Artikel Islam, Artikel Muslim, Hakikat, Haroki, Hati, Hizbut Tahrer, Imam, Islam, Mabit, Madah Tarbiyah.

Tempat Mencari Pahala Usaha Yang Halal

1 Komentar Add your own

  • 1. gunawan  |  Februari 13, 2007 pukul 8:25 pm

    silahkan kunjungi blgo kami

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Januari 2007
S S R K J S M
« Des   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Telah Dikunjungi

  • 155,599 Pengunjung
Add to Technorati Favorites

%d blogger menyukai ini: