Bambu Bagi Kesejahteraan dan Kelesatarian Lingkungan

November 30, 2006 at 2:49 am 5 komentar

Sekalipun bambu memiliki banyak keunggulan, sampai saat ini pemanfaatannya belum optimum, karena pemakaiannya masih menggunakan cara-cara tradisional. Banyak penelitian tentang bambu yang telah dilakukan Jurusan Teknik Sipil FT UGM. Bahkan banyak paper ditulis dan dihasilkan, namun minat masyarakat terhadap bambu masih sangat kurang.

Demikian pernyataan Prof Dr Ir Morisco saat mengucap pidato pengukuhan sebagai Guru Besar Fakultas Teknik UGM, di Balai Senat, Kamis, (29/11). Pria kelahiran Solo 8 Februari 1945 ini, menyampaikan pidato berjudul “Pemberdayaan Bambu Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Kelestarian Lingkungan”.

“Bahkan yang sudah membaca hasil-hasil penelitian bambu masih ragu untuk memakainya, sebelum melihat contoh-contoh yang riil”, ujar Prof Morisco.

Baginya, penggunaan bambu laminasi untuk berbagai kebutuhan seperti industri mebel, merupakan salah satu solusi atas berbagai permasalahan semakin langkanya pasokan kayu. Hasil penelitian bambu laminasi telah diaplikasikan di berbagai bidang, antara lain bidang konstruksi dan mebel. Khusus untuk pembuatan mebel sangat membutuhkan balok dan papan laminasi.

“Mebel berbahan baku bambu laminasi memiliki keunikan tersendiri, yang terekspos dari serat dan ruasnya. Alur serat yang simetris menciptakan nuansa seni yang unik pada interior rumah,” tambah peraih doktor Bidang Teknik Struktur dari City University London. (Humas UGM)

Iklan

Entry filed under: Articles, Hakikat, Hizbut Tahrer, Mukmin, Muslim, Tarbiyah, Taujih, Tsaqofah, Ukhuwah.

Mayoritas Warga Inggris Dukung Burqa Asas Perubahan Kepada Perbaikan

5 Komentar Add your own

  • 1. Djoko Prijatno  |  September 16, 2007 pukul 3:11 am

    Wah saya sangat terlambat, teman saya di SMA I Margoyudan sekarang sudah bergelar Profesor. Teman yang saya kenal sejak tahun 1961 ini memang saya kenal sebagai pribadi yang tangguh, serius, sederhana dan selalu apa adanya. Pak soal bambu saya memang sudah lama mendengar, tapi kok belum kunjung jadi trend ya keandalanya. Mungkin Bapak perlu kerjasama dengan seorang entrepeneur atau marketer yang bisa membantu Bapak mewujudkan/ mendayagunakan hasil penelitian Bapak soal bambu tersebut demi kemaslahatan masyarakat. Semoga Sukses

    Balas
  • 2. B475 AI  |  November 10, 2007 pukul 1:12 pm

    jigagksnagnask

    Balas
  • 3. akhmad basuki widodo  |  Februari 20, 2008 pukul 2:59 am

    memang masyarakat kita sangat ketinggalan dalam penggunaan dan pemanfaatan bambu dibandingkan dengan Jepang dan China. padahal untuk sumber daya bambu sangat melimpah. saya pernah training di China selama 3 bulan dan saya berpendapat bahwa bambu kita dapat digunakan seperti di China maupun Jepang. hanya masyarakat kita yang masih belum memahami. kebetelutan saya sedang meneliti sifat mekanik dan sifat fatigue dari bambu laminasi untuk keperluan struktur untuk disertasi saya. ternyata bambu mepunyai keunikan dan kelebihan dibandingkan dengan kayu. marilah kita budidayakan bambu seoptimal mungkin dan saya yakin dampaknya akan sangat luas. terima kasih

    Balas
  • 4. ari  |  Juli 21, 2008 pukul 2:57 am

    pak, kira2 bambu bisa gak dijadikan pengganti agregat kasar??
    saya dari universitas bengkulu jurusan teknik sipil yang akan mengadakan penelitian tentang bambu.

    Balas
  • 5. Retno widiastuti  |  Juni 17, 2012 pukul 12:53 pm

    Alhamdulilah Kemenhut sudah mulai meningkatkan peran HHNK yang berarti tidak melulu “timber oriented”. Direncanakan tahun 2013 akan dilakukan penanaman secara besar-besaran terutama pada tebing, pingir sungai, jurang untuk penahan erosi, namun tentu bisa untuk produksi. Kita tunggu kelanjutan dari Kemenperin yang juga mulai menyusun road map pengembangan industri berbasis bambu.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


November 2006
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Telah Dikunjungi

  • 155,599 Pengunjung
Add to Technorati Favorites

%d blogger menyukai ini: